Wednesday

MENDENGKUR, TANDA KELAINAN PADA ANAK



Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa anak-anak yang mendengkur pada usia dini cenderung memiliki masalah perilaku seperti agresif dan hiperaktif.

Penemuan ini didasarkan pada penelitian yang mengamati 249 pasang ibu dan anak. Hasilnya, ilmuwan menemukan bahwa anak yang memiliki kebiasaan mendengkur pada usia 2 - 3 tahun memiliki kemungkinan mengalami masalah perilaku 3,5 kali lebih besar dibanding anak yang tidak mendengkur.

Para ilmuwan mengamati anak-anak mulai saat mereka masih dalam perut ibu hingga berusia 3 tahun. Peneliti melakukan wawancara dengan para ibu untuk mencari tahu kebiasaan tidur anak-anak dan aktivitas lainnya. Peneliti juga bertemu dengan anak-anak setiap tahun untuk mengukur tingkat masalah perilaku yang mereka alami.

Di antara anak-anak yang mendengkur saat usia dini, 35 persen di antaranya menunjukkan tanda-tanda kelainan perilaku. Sementara hanya 10 persen anak yang tidak mendengkur menunjukkan tanda-tanda yang sama. Selain itu, hanya 12 persen anak yang mendengkur pada salah satu usia menunjukkan tanda-tanda kelainan perilaku.

Penemuan ini menunjukkan bagi para orang tua betapa pentingnya kualitas tidur yang baik bagi anak.

"Kita tahu jika Anda tidak membiarkan anak tidur siang saat usia sebelum mereka sekolah, dan memberi mereka tugas sebagai gantinya, mereka akan menjadi pemarah," kata ketua peneliti Dean Beebe, direktur program neuropsikologi di Cincinnati Children;s Hospital Medical Center, seperti dilansir oleh NBC News (13/08).

Penemuan ini menguatkan hasil penelitian sebelumnya yang menunjukkan kaitan antara mendengkur dengan masalah perilaku, terutama jika mendengkur menjadi kebiasaan yang terus terjadi.

Mendengkur yang terjadi terus-menerus akan mempengaruhi mood dan otak anak. Anak yang tak mendapatkan tidur berkualitas tidak akan bisa bersikap santai seperti anak lainnya. Mereka akan mengalami masalah perilaku seperti sering menggerutu, menjadi pemarah, dan lainnya.

Ini bisa dicegah dengan memberikan anak waktu tidur yang sesuai dan memberikan mereka tidur yang berkualitas.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Populer