Saturday

BAKAR KALORI TANPA 'NGOYO'



Menurunkan berat badan ternyata tak perlu ngos-ngosan. Aktivitas yang biasa Anda lakukan sehari-hari atau hobi yang Anda gemari ternyata bisa menjadi solusi.

Berikut adalah hitungan kalori untuk aktivitas fisik sehari-hari. Jumlah kalori yang dihitung adalah berdasarkan berat badan 70 kg. Apabila seseorang berat badannya lebih rendah dari 70 kg maka jumlah kalori yang dihasilkan akan lebih kecil, sedangkan apabila seseorang berat badannya lebih besar dari 70 kg, kalori yang dihasilkan akan lebih besar.


Nonton konser musik

Jumlah kalori yang dibakar saat menonton konser musik tergantung dengan apa yang dilakukan selama konser musik tersebut. Apakah berdiri, duduk, atau melompat-lompat. Apabila ia hanya duduk saja, maka dalam satu jam, jumlah kalori yang terbakar adalah 105 kcal. Apabila ia berdiri tanpa melompat-lompat, maka jumlah kalori yang dipakai adalah 140 kcal/jam. Sedangkan jika dia melompat-lompat sambil bergerak, maka jumlah kalori yang terbakar selama konser adalah 350 kcal/jam.


Menyetir

Di Jakarta, kegiatan menyetir terkadang menjadi bentuk aktivitas fisik satu-satunya yang dapat dilakukan seseorang setiap harinya. Kegiatan ini jelas mengonsumsi kalori, tetapi bukan berarti kegiatan ini dapat menggantikan bentuk aktivitas fisik olahraga. Hal ini disebabkan saat menyetir, seseorang mempertahankan posisi tubuhnya hanya dalam posisi duduk. Jumlah kalori yang dipakai untuk menyetir tidak tergantung kepada berapa jarak yang ditempuh, tetapi tergantung dari berapa lama seseorang tersebut menyetir. Dalam sejam, aktivitas ini akan memakai sebanyak 140 kcal.


Naik kendaraan umum

Bosan menyetir? Sekali-kali cobalah bepergian dengan menggunakan transportasi umum, seperti Trans Jakarta. Jumlah kalori yang dibakar tergantung apakah orang tersebut duduk atau berdiri. Apabila duduk, maka jumlah kalori yang akan dipakai adalah 70 kcal/jam. Apabila berdiri, maka jumlah kalori yang akan dipakai adalah 140 kcal/jam. Tentunya, apabila menggunakan transportasi umum, yang paling sering terjadi adalah kombinasi kedua kegiatan tersebut. Dalam hal ini biasanya jumlah kalori yang terpakai adalah 105 kcal/jam.


Hiking

Apabila seseorang mengajak Anda hiking, jangan terburu-buru bilang tidak. Bentuk aktivitas fisik ini dapat menjadi suatu
bentuk aktivitas yang menyenangkan sekaligus memakan kalori. Selain menikmati alam bebas, juga menjaga kebugaran tubuh, menarik bukan? Kegiatan ini per jam akan menghabiskan 420 kcal.


Menonton pertandingan bola

Menonton pertandingan bola juga merupakan bentuk kegiatan yang memakan kalori. Apabila kegiatan ini didominasi oleh kegiatan duduk dan sekali-kali bersorak, maka jumlah kalori yang dipakai adalah 105 kcal/jam. Apabila saat menonton lebih banyak berdiri, maka jumlah kalori yang dipakai dapat sebesar 140 kcal/jam.


(Majalah Fitness for Men edisi Desember 2011)

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Populer